Peran Guru Kristen Dalam Perkembangan Anak Sekolah Dasar

Rony Zadrach Dupe, Wiyun Philipus Tangkin

Abstract


Pada masa pandemi COVID-19 proses pembelajaran dalam pendidikan berubah dari proses pembelajaran secara langsung  menjadi proses pembelajaran jarak jauh berbasis daring. Perubahan proses pembelajaran yang terjadi memengaruhi kondisi perkembangan psikologi anak pada masa sekolah dasar. Hal ini selaras dengan hasil survei Riset Kesehatan Dasar terdapat 16.000 anak di Jawa Timur mengalami depresi selama masa COVID-19. Perubahan proses pembelajaran menjadi faktor yang dapat memengaruhi kondisi sosioemosi anak. Penulisan ini bertujuan untuk membangun pemahaman guru dalam melihat dan merespons perubahan yang saat ini berdampak pada perkembangan psikologis anak. Pada masa pandemi COVID-19 ini penting untuk memerhatikan perkembangan psikologi anak terkhususnya sosiemosinya. Proses pembelajaran jarak jauh tidak menghambat guru dalam menuntun anak memiliki pemahaman yang benar mengenai situasi yang terjadi dan sikap untuk menghadapinya. Pembahasan dalam makalah ini dilakukan menggunakan metode kajian literatur yang didasarkan pada kebenaran Alkitab. Dapat disimpulkan bahwa guru Kristen harus memiliki pemahaman yang benar berdasarkan Alkitab dan membagikannya kepada anak. Pemahaman tersebut dapat membantu anak mengerti cara  yang tepat menyikapi sebuah masalah berdasarkan kebenaran Alkitab.Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memiliki pemahaman yang benar sesuai Alkitab. 


Keywords


Perkembangan Psikologis anak, Pendidikan Berbasis Daring, Guru Kristen

Full Text:

PDF

References


Amenan, Amrozi. “Dampak Covid-19, 16.000 Anak Di Jatim Alami Depresi.” 25 Juni.

Asrori, Rusman. Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto Selatan: Pena Persada, 2020.

Bastian, Indra. Akuntansi Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 2006.

Batubara, Hamdan Husein. Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Behrman, Richard E.; Kliegman, Robert M.; Arvin, Ann M. Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta: EGC, 1996.

Berkhof, Louis. Systematic Theology. Michigan: Eerdmans Publishing, 2013.

Brummelen, Harro Van. Batu Loncatan Kurikulum. Jakarta: Universitas Pelita Harapan, 2008.

———. Berjalan Dengan Tuhan Di Dalam Kelas : Pendekatan Kristiani Untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Pelita Harapan, 2009.

Budyartati, Sri. Problematika Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish, 2014.

Calvin, Yohanes. Institutio : Pengajaran Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Darmadi, Hamid. PENGANTAR PENDIDIKAN ERA GLOBALISASI: Konsep Dasar,Teori, Strategi Dan Implementasi Dalam Pendidikan Globalisasi. Tangerang Selatan: An1mage, 2019.

Debora, Kiki ; Han, Chandra. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education (2020): 5.

Familia, Tim Pustaka. Warna Warni Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Firdausya, Ihfa. “Survei KPAI: Mayoritas Siswa Tak Senang Pembelajaran Jarak Jauh.” 27 April.

Graham, Donovan L. Teaching Redemptively: Bringing Grace and Truth Into Your Classroom. Colorado Springs: Purposeful Design Publications, 2009.

Handhika, Jeffry ; Fatmaryanti, Siska Desy; , Winarti; Khasanah, Nur; , Viyanti; Budiarti, Indah Slamet. PEMBELAJARAN SAINS DI ERA AKSELERASI DIGITAL. Jawa Timur: Cv. Ae Media Grafika, 2020.

Hoekema, Anthony A. Created in God’s Image. Grand Rapids: Wm. B. Eerdmans, 2009.

Jahja, Yudrik. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2011.

Jasman. Pendidikan Karakter: Implementasi Oleh Guru, Kurikulum, Pemerintah Dan Sumber Daya Pendidikan. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Knight, George R. Filsafat & Pendidikan : Sebuah Pendahuluan Dari Perspektif Kristen. Jakarta: Universitas Pelita Harapan, 2008.

Kusumawati, Naniek; Maruti, Endang Sri. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR. Magetan: Cv. Ae Media Grafika, 2019.

Lao, Hendrik A.E., Ezra Tari, Ishak Nahas, Hengki Wijaya, and I Putu Ayub Darmawan. “The Use of E-Learning in Motivating Students to Excel towards Learning Outcomes.” Journal of Education and Learning (EduLearn) 15, no. 3 (2021): 458–464.

Lie, Tan Giok. Generasi Ke Generasi. Edited by Ria Undriana. Kedua. Bandung: Visi Anugrah Indonesia, 2017.

Nofrion. Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2016.

Pasiska, and Takdir Alisyahbana. Manusia Dalam Pandangan Psikologi. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung, 2020.

Prawiradilaga, Dewi Salma. Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: Prenada Media, 2013.

Rusli, Muhammad ; Hermawan, Dadang ; Supuwin, Ni Nyoman ; Bali, STIKOM. Multimedia Pembelajaran Yang Inovatif: Prinsip Dasar Dan Model Pengembangan. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.

Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional. Tembilahan - Riau: Pt. Indragiri Dot Com, 2019.

Sahlan, Abdul Kadir. Mendidik Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Sanjaya, Wina. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Prenada Media, 2017.

Sit, Masganti. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Pertama. Depok: Prenada Media, 2017.

Slavin, Robert E. Psikologi Pendidikan : Teori Dan Praktik Jilid 1. Jakarta Barat: PT Indeks, 2019.

Suciatiningrum, Dini. “Hasil Survei Wahana Visi: 42,6 Persen Anak Rindu Kembali Sekolah.” 03 Juli.

Sudarsana, I Ketut. COVID-19: Perspektif Pendidikan. Denpasar: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Susanto, Ahmad. Bimbingan & Konseling Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia, 2015.

———. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2016.

Syafril, and Zelhendri Zen. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Prenada Media, 2019.

Triyono, Urip;, Mufarohah. Bunga Rampai Pendidikan (Formal, Non Formal, Dan Informal). Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Wijaya, Hengki, I Putu Ayub Darmawan, Suzana Claudia Setiana, Helaluddin Helaluddin, and Ivan Th. J. Weismann. “Active Reconnecting Learning Strategies to Increase Student Interest and Active Learning.” Indonesian Journal of Instructional Media and Model 3, no. 1 (2021): 26.

Yusuf, Habibie. Pokoknya Administrasi Pendidikan. Tulungagung: Cahaya Abadi, 2019.

Yusuf, Sitti Astika, and Uswatun Khasanah. “Literature Review.” The Nurse Practitioner 34, no. 4 (2009): 52–53.

“View of Distance Learning In Primary Schools During The Covid-19 Pandemic In Indonesia_ Challenges, Solutions, And Projections.Pdf,” n.d.




DOI: https://doi.org/10.55798/kapata.v2i1.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KAPATA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.