Urgenitas Keterlibatan Orang Tua Dalam Menangani Psikologi Anak Selama Belajar Di Masa Pandemi

Frederik Patar Hutahaean, Talizaro Tafonao

Abstract


This study aims to determine the extent of the responsibility of parents in assisting children in learning during the pandemic. This study departs from the author's empirical observation that online learning during a pandemic profoundly impacts children's psychology. This can be seen in the reactions of each child as reviewed in this article. This study uses the literature method with a descriptive qualitative approach. The analysis process is to use various literary sources including journals, books, and other reliable reference materials to support the author's analysis of parental involvement in dealing with child psychology. The results found in this study indicate that parental responsibility and strategy are the primary keys in dealing with child psychology. Thus the involvement of people in accompanying children during the pandemic is very significant.

 

Abstrak

Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tanggung jawab orang tua dalam mendampingi anak dalam belajar selama pandemi. Kajian ini berangkat dari pengamatan penulis secara empiris bahwa pembelajaran daring selama pandemi sangat berdampak pada psikologis anak dan hal ini terlihat dalam reaksi setiap anak sebagaimana ulasan dalam artikel ini. Kajian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Proses analisis yang dilakukan adalah menggunakan berbagai sumber literatur-literatur baik jurnal, buku dan bahan referensi lainnya yang terpercaya untuk mendukung analisis penulis yang berhubungan dengan keterlibatan orang tua dalam menangani psikologi anak. Hasil yang ditemukan dalam kajian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab orang tua dan strategi merupakan kunci utama dalam menangani psikologi anak. Dengan demikian keterlibatan orang dalam mendampingi anak selama pandemi sangat signifikan. 

 


Keywords


Engagement; Parents; Psychology; Child; Study; Pandemic

Full Text:

PDF

References


Brown, Adam D. “Trauma in Children During the COVID-19 Pandemic.” NYU Langone Health, 2020.

Creswell, John W. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Dhawan, Shivangi. “Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis.” Journal of Educational Technology Systems 49, no. 1 (September 20, 2020): 5–22. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0047239520934018.

Endah Nawangsih. “Play Therapy Untuk Anak-Anak Korban Bencana Alam Yang Mengalami Trauma (Post Traumatic Stress Disorder/PTSD).” Sunan Gunung Djati State Islamic University (2016).

Erzad, A. M. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga.” Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (2018).

Gross, Karen. Trauma Doesn’t Stop at the School Door. New York: Teachers College Press, 2020.

Hakim, Fatwa Nurul. “Pola Relasi Anak Dan Orangtua Di Masa Pandemi Covid 19.” PSISULA: Prosiding Berkala Psikologi 2, no. 1 (2020): 124–134.

Hasanah, Miratun. “Orang Tua Bijak Siap Dampingi Belajar Anak Di Masa Pandemi.” Rumah Sakit Jiwa Surakarta Propinsi Jawa Tengah.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarata: Erlangga, 1999.

Ismail, Andang. Education Games Panduan Praktis Permainan Yang Menjadikan Anak Anda Cerdas, Kreatif, Dan Saleh. Yogyakarta: Pro U Media, 2012.

Kuswanti, A., Munadhil, M. A., Zainal, A. G., & Oktarina, S. “Manajemen Komunikasi Keluarga Saat Pandemic Covid-19.” Jurnal Sosial & Budaya Syar-i 7 (2020).

Menteri Pendidikan Nasional. “Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19.” BangkaPos.com 1, no. 1 (2020): 1–5.

Meutia, Amalia. “Dampak Pandemi Covid 19 Pada Psikis Dan Ingatan Anak.” ESJ (Elementary School Journal) 10, no. 1 (2020).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 2018.

Murdoko, E. Widijo Hari. Parenting With Leadership, Peran Orangtua Dalam Mengoptimalkan Dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.

Nabilla Tashandra. “Anak Juga Bisa Stres, Simak Gejalanya.” Lifestyle (2020).

Nevid, Jeffrey, S. Psikologi Abnormal. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005.

Oktawirawan, Dwi Hardani. “Faktor Pemicu Kecemasan Siswa Dalam Melakukan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ) 20 (2020).

Rosdiana, A. “Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF 1 (2006).

Saad, Musthafa Abu. Strategi Mendidik Anak: Cerdas Emosional, Spiritual, Intelektual. Jakarta: Maghfirah Pustaka, 2007.

Simanjuntak, Ika Widyasari, and Talizaro Tafonao. “Urgenitas Dalam Menerapkan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Bagi Orang Dewasa Di Gereja.” Harati Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 85–100.

Sitorus, Raja Maruli Tua. Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja. Surabaya. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

Syarifudin, A. “Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua (2020).

Tafonao, Talizaro. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 125.

U Rahman. “Mengenal Burnout Pada Guru.” Lentera Pendidikan 10 (2007).

Ulfa Hikmah. “Tantangan Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19.” OPINI & CERITA (2020).

Wahyu Trisnawati, Sugito. “Pendidikan Anak Dalam Lingkungan Keluarga (Perspektif Agama Dan Sosial-Budaya).” : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2021).

Wardani, Anita, and Yulia Ayriza. “Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (August 22, 2020): 772. Accessed March 11, 2021. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/705.

Yudiawan, Agus. “MITIGASI BENCANA: Manajemen Wabah COVID-19 Di Satuan PAUD.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 112–124.

Yulianingsih, Wiwin, Suhanadji Suhanadji, Rivo Nugroho, and Mustakim Mustakim. “Keterlibatan Orangtua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (October 15, 2020): 1138–1150. Accessed March 11, 2021. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/740.

Zakiah Daradjat. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: BUMI AKSARA, 2016.

Zeleeva, Vera P., Svetlana S. Bykova, and Silvia Varbanova. “Psychological and Pedagogical Support for Students’ Adaptation to Learning Activity in High Science School.” International Journal of Environmental & Science Education 11, no. 3 (2016): 151–161. http://www.ijese.net/makale/125.html.




DOI: https://doi.org/10.55798/kapata.v2i1.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KAPATA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.